Selamat Jalan Simbah Kiai Hasyim Muzadi

Umat Islam di Indonesia kembali ditinggalkan seorang Ulama. Adalah Simbah KH. Ahmad Hasyim Muzadi yang berpulang ke haribaan Ilahi, kamis (16/3). Almarhum wafat di Malang, pagi sekira pukul 06.25. Usai dishalati di Malang, jenazah almarhum dibawa ke Depok untuk disemayamkan. Lokasi pemakaman berada di komplek Pondok Pesantren Al Hikmah Depok, Pondok yang didirikan dan diasuh oleh Almarhum Simbah KH. Ahmad Hasyim Muzadi.

Tentu, lebih banyak yang hanya dapat melihat prosesi pemakaman almarhum dari layar kaca televisi. Tapi, rasa kehilangan atas kepergian Almarhum menyeruak sama di hati umat Islam. Utamanya warga Nahdliyyin.

Almarhum adalah sosok ulama kharismatik. Sosok yang mampu menyejukkan umat. Nasehat yang beliau berikan berpijak dari pemahaman agama dan kebangsaaan yang luas. Simbah KH Hasyim Muzadi selalu menekankan pentingnya persatuan umat. Menghindari pecah belah. Dan menjadikan Islam sebagai satu-satunya jalan hidup bagi umat Islam.

Selamat jalan Simbah Kiai, warisan ilmu dan pemikiran engkau akan tetap abadi. Semoga engkau dilimpahi rohmat dan maghfirah Allah, Sang Maha Kasih dan Sayang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *