Ragam Simbiosis Makhluk Hidup

Simbiosis adalah bentuk saling berhubungan atau ketergantungan antar makhluk hidup. Demikiah Allah Swt menitahkan, tiap makhluk hidup di dunia tak dapat hidup sendiri. Semua saling membutuhkan dan saling berhubungan. Di ranah ilmu pengetahuan alam, kita diperkenalkan tiga jenis ketergantungan atau simbiosis.

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis atau hubungan diantara dua makhluk yang saling menguntungkan. Dalam simbiosis ini kedua pihak mendapat manfaat. Contoh simbiosis mutualisme adalah hubungan antara bunga dengan kupu-kupu. Kupu-kupu mendapat manfaat dari bunga berupa nektar. Sedangkan bunga mendapat manfaat dari kupu-kupu yang membantu penyerbukan bunga itu.

2.  Simbiosis Komensalisme

Simbiosis dimana satu pihak mendapat manfaat dan yang lain tak dirugikan.  Contoh hubungan komensalisme tergambar pada hubungan bunga anggrek yang tumbuh di dahan pohon besar. Dengan tumbuh di pohon, anggrek diuntungkan lantaran mudah mendapat sinar matahari. Sedang di bagian lain, pohon juga tak dirugikan sebab tumbuhnya anggrek di dahannya. Sebab, anggrek tak mengambil makanan dari si pohon.

3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis terakhir yang tak patut ditiru tentunya. Hubungan dua pihak, dimana satu pihak untung, sedang yang lain dirugikan. Di alam, simbiosis parasitisme tergambar lewat keberadaan tumbuhan tali putri yang tumbuh di pohon inang. Dengan tumbuh di pohon inang, tali putri diuntungkan sebab bisa memperoleh makanan dari pohon inang. Di bagian lain, pohon inang amat dirugikan dengan tumbuhnya tali putri. Sebab, makanannya terambil terus-menerus.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *