Perpustakaan Al Hikmah 2, Sepenggal Cerita

Siang itu, BBM saya menerima banyak pesan gambar dari Kang Iconk. Mulanya, saya tak mengerti, gerangan gambar apa yang saya lihat. Namun, usai diamati satu-satu, saya menjadi paham. Seluruhnya adalah gambar kegiatan di Perpustakaan Al Hikmah 2. Gambar-gambar yang membuat saya takjub dan kagum pada perkembangan Perpustakaan Pondok hari ini. Ingatan lalu mengenai  Perpustakaan Al Hikmah 2 menjadi terbuka.

Perpustakaan Al Hikmah 2
Kini, Perpustakaan nampak lebih berwarna

Bila saya tak salah ingat, ruangan itu kali pertama digunakan untuk acara munaqosyah Ma’had Aly angkatan 2007. Semalam-malam, kami angkatan 2008 membersihkan, menata, dan menyusun dekorasi munaqosyah di ruang itu. Kala itu, ada Syaeful Hamid dan Kang Andi, dua orang yang sibuk memasang geber dekorasi. Sementara, saya dan rekan lain menyiapkan meja, kursi, sound, dan keperluan lain terkait acara.

Pagi hingga siangnya, munaqosyah Ma’had Aly angkatan 2007 berlangsung. Acara berjalan khidmat. Tiga orang mahasiswa, Fauzan Hamdani, Himmatul Alawiyah dan Fikri Asyakiri diuji oleh tiga penguji. Abah Yai Masruri rawuh sebagai munaqish. Dua penguji lain adalah Abah Mukhlas dan Kiai Masyhudi, rektor Ma’had Aly. Ruang lantai dua di muka GOR Pesantren itu menjadi saksi haru birunya munaqosyah. Ruangan tempat munaqosyah yang dikemudian hari dikenal oleh santri sebagai Perpustakaan Al Hikmah 2.

Babak Baru

Penempatan Perpustakaan di GOR menjadi babak baru bagi Perpustakaan Pondok. Sebelumnya, Perpustakaan Pondok berada di depan komplek putri. Tepatnya, di muka asrama akper putri. Ruang perpustakaan yang dulu tak cukup luas dan strategis. Beda halnya dengan ruang Perpustakaan di gedung serbaguna. Selain menempati posisi yang mudah dijangkau, ruangan Perpustakaan terbilang luas.

Pada mulanya, Perpustakaan Pondok hanya berada di lantai dua GOR. Tapi kemudian meluas hingga menduduki dua lantai. Selanjutnya, lantai pertama digunakan untuk ruang pustaka digital. Sedang lantai dua difungsikan sebagai ruang pustaka buku dan kitab.

Perpustakaan Al Hikmah 2
Perpustakaan tempat favorit untuk belajar santri

Dalam perkembangannya, Perpustakaan Al Hikmah 2 membuka tiga layanan bagi pemustakanya. Yakni; layanan online, layanan sirkulasi dan layanan otomasi. Selain itu, ketika itu, Perpustakaan Pondok juga menjadi ‘rumah’ bagi majalah El Waha dan website Pesantren.

 Lanjut, lusa . . .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *