Perhatian Rasulullah Pada Kebersihan Badan

perhatian Rasululah pada kebersihanKebersihan anggota badan, sangat diperhatikan oleh Nabi Saw dan selalu memerintahkan hal ini pada umatnya. Beliau disamping mandi, senantiasa mencuci kedua tangannya sebelum dan sesudah makan. Menggosok gigi dengan siwak, menggunting kumis, mengerat kuku dan membersihakn segala kotoran yang melekat di celah-celah anggota badannya. Kebersihan menjadi perintah dan setengah dari ajaran agamanya.

Beliau bersabda, “ Allah itu baik, cinta akan yang baik, bersih, suka akan kebersihan dan Maha Murah, mencintai setiap yang bermurah hati ( HR At Turmudzy)

Keringat Rasulullah harum semerbak, demikian pula anggota badannya. Hal ini merupakan bagian dari sifat khususiyah beliau.

Rasulullah juga memperhatikan rambut dengan selalu membersihkan dan menyisir dengan rapi. Sahabat Anas Ra berkata, “Rasulullah senantiasa berminyak rambut dan selalu menyisir jenggotnya”

Sahabat Ibnu ‘Abbas meriwayatkan, bahwa Nabi Saw setiap malam memakai celak, tiga kali di mata kanan dan tiga kali di mata kiri.

Adapun perhatian beliau terhadap gigi, sudah menjadi kebiasaan beliau memakai tusuk gigi setiap selesai makan untuk membersihkannya.

Beliau berkata “ sungguh baik umatku yang selalu memberishkan gigi waktu berwudhu maupun setelah makan, di waktu berwudhu sambil berkumur-kumur, dan menghirup air ke hidung dan membersihkan celah-celah jari. Malaikat sangat benci bila melihat seorang yang sedang melaksanakan shalat sementara sisa makanan masih melekat di celah-celah giginya”

Perhatian Nabi terhadap mulut, terbukti juga dengan selalu memakai siwak berulang kali, di saat akan melaksanakan shalat, berwudhu, akan tidur dan setelah bangun dari tidurnya. Beliau selalu menganjurkan umatnya akan hal itu.

An Nasyaiy meriwayatkan, bahwa Nabi Saw bersabda “ Siwak itu mensucikan mulut, membawa keridhaan Allah “

Dari terjemah kitab “INSAN KAMIL” Dr. Sayyid Muhamamd Alwy al Maliky. Penerjemah : Ust Hasan Baharun. Penerbit : PT Bina Ilmu. Cet. II

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *