Kotak ‘Kebaikan’

Fitrah tiap manusia, kebaiakan
Fitrah tiap manusia, kebaiakan

Kebaikan rupa-rupa bentuknya. Kebaikan bisa dilakukan oleh siapa dan dimana saja. Termasuk di sekolah. Termasuk oleh siswa di ruang kelas. Kotak ‘kebaikan’ bisa jadi media pembelajaran mengajak  dan membiasakan penghuni kelas berbuat baik.

Siapkan  satu kotak atau wadah. Bisa bekas kaleng roti, cat, atau lainnya. Siapkan pula potongan kertas kecil-kecil. Ukurannya, sekira cukup untuk menulis beberapa kata.

Nah, di potongan kertas itu tulis ragam perbuatan baik. Mulailah dari hal sederhana,  yang bisa dilakukan seketika, yang dapat dikerjakan di dalam kelas.

Perbuatan baik yang ditulis, misalanya : mengucap salam, menyalami teman sekelas, mengajak teman memungut sampah di sekitar tempat duduknya, mengajak teman berteriak semangat maqolah ‘man jadda wajada’, membaca suratan pendek, tersenyum beberapa detik, membaca kalimat tayyibah, mengajak berdoa untuk kedua orang tua, dan seterusnya.

Nah, siap sudah kotak ‘kebaikan’. Kotak ini bisa guru bawa masuk kelas, sebagai media membuka kelas.

Minta beberapa siswa maju ke depan kelas. Persilakan tiap siswa mengambil satu potongan kertas. Satu-satu siswa diminta membaca keras-keras tugas ‘kebaikan’ di kertasnya. Usai dibaca, segera lakukan tugas ‘kebaikan’.

Beri apresiasi dengan tepuk tangan atau memberi acungan jempol bagi siswa yang sudah berbuat baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *