Empat Hal : Umur, Fisik, Ilmu dan Harta

Besok dihari kiamat setiap hamba, setiap manusia, akan diminta pertanggung jawabkan dari 4 hal..

Pertama, akan diminta pertanggung jawab tentang umur, “ Bukankah aku telah berikan umur pada kalian, umur yang telah kuberikan pada kalian, kalian habiskan untuk apa?”  ini harga waktu, jadi waktu itu sangat berharga soalnya perhitungan nya bukan permenit atau perditik, tapi pernafas manusia, nanti akan ditanyakan, nafas yang kembang kembis dari perut kita itu , digunakan untuk apa.

Kedua, dari fisik manusia, Allah ta’ala telah memberikan raga dari ujung rambut hingga bawah telapak kaki, setiap sekecil apapun yang ada di tubuh manusia, itu ada manfaat ada kegunaannya,namun kalau kita tidak bisa menghitung, banyak waktu yang kita buang, anggota yang mestinya bisa kita manfaatkan, tapi kita sibukkan pada fi mala ya’ni, seperti Imam Ghazali yang disebutkan dalam kita Ihya ‘ulumuddin , kalau orang –orany sibuk untuk hal-hal yang fi ma la ya’ni, cuman ada yang ada manfaatnya, dan tidak.Sebab orang mainsekak,  karambol pun sibuk, orang tidur sibuk dengan mimpinya, kalau kita tidak mengikat diri, tidak punya jadwal dalam kehidupan akan habis waktu kita, di dalam lamunan jasad kita. Kemudian, jadi nafas kita akan habis, didalam hal yang tidak ada manfaatnya baik di dunia maupun di akhirat,tapi kita kalau sudah menjadwalkan diri. jadwal saja belum mesti ditepati. Orang hidup tanpa jadwal, habis waktunya fi mala ya’ni.

Ketiga, akan ditanyakan, belajar kesana-kemari, mempelajari berbagai macam ilmu, mana ilmu yang diamalkan mana ilmu yang bermanfaat, ilmunya digunakan untuk apa

Keempat, kemudian hartanya dari mana diperoleh, dan kemana hartanya dibelanjakan

transkrip Pengajian Tanbighul Ghafilin Almaghfurlah KH. Masruri Abdul Mughni

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *