Cerita Apersepsi : Kuda Ajaib

Seorang pemuda memiliki kuda ajaib. Ya, ajaib sebab kuda itu punya passowrd atau kata kunci. Jika ingin membuat kuda itu mulai berjalan, passwordnya ucapkan alhamdulillah. Tanpa ucapan itu, si kuda tidak akan mau berjalan. Sebaliknya , jika ingin berhenti , kata kuncinya adalah bismillah.

Sang pemuda pun membawa kuda itu ke kota yang ramai dan bertemu dengan teman lamanya. Melihat kuda yang demikian bagus, sang teman ingin meminjam dan menaiki kuda tersebut. Awalnya, si pemilik kuda menolak, tetapi lantaran dipaksa, akhirnya pemuda itu rela meminjamkan kuda ajaibnya dan memberikan passwordnya

Begitu diberi tahu, sang teman menaiki kuda dan mengucapkan alhamdulillah sehingga kuda langsung meringkik dan berlari. Karena senang, dia mengucapkan alhamdulillah, sehingga kuda berlari tambah kencang, keluar dari kota, memasuki hutan, dan menuju jurang mengganga.

Penunggang kuda sangat panik sampai lupa kata kunci untuk berhenti. Jurang di depan tinggal 20 meter lagi, dia masih lupa password untuk berhenti. Jurang sudah berjarak 10 meter, 5 meter…. 2 meter. Pada detik terakhir, dia teringat kata kunci untuk mengentikan kuda, lalu meneriakkan bismillah. Kontan si kuda berhenti di bibir jurang. Begitu melihat dirinya selamat, sang penunggang kuda mengucapkan alhamdulillah. Tahulah sendiri bagaimana akhir ceritanya !.

Sumber : buku ” Gurunya Manusia” Munif Chatib

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *