Belajar Ilmu Perpustakaan : Mengenal beberapa Istilah Dasar

Secara sederhana, perpustakaan adalah suatu institusi yang didalamnya tercakup unsur koleksi, pengolahan, penyimpanan dan pemakai. Perpustakaan adalah unit kerja yang punya sumber daya manusia, ruangan khusus dan sekumpulan koleksi sesuai jenis perpustakaannya.

Seluk beluk Perpustakaan dibahas terperinci dalam ilmu perpustakaan. Topik bahas ilmu perpustakaan menyangkut bermacam hal, mulai dari organisasi koleksi, pengolahan dan penyimpanan bahan pustaka, pengawetan bahan koleksi, penyebaran informasi dan jasa perpustakaan untuk kepentingan masyarakat, hingga tiap hal lain berkenaan dengan perpustakaan dan jasa perpustakaan.

Sebelum menggali lebih dalam terkait ilmu perpustakaan, ada baiknya kita mengenal beberapa istilah mendasar yang meliputi ilmu ini. Berikut disajikan beberapa :

1. Pustaka atau buku atau kitab

Yaitu kumpulan atau bahan berisi hasil tulisan atau cetakan, dijilid menjadi satu agar mudah dibaca dan berjumlah sedikitnya 48 halaman

2. Pustakawan

Yaitu orang yang bekerja di pepustakaan atau lembaga sejenisnya dan memiliki pendidikan perpustakaan secara formal (minimal D2 dalam bidang ilmu perpustakaan. Dokumentasi dan informasi)

3. Kepustakaan

Adalah bahan bacaan yang digunakan untuk menyusun karangan, makalah, artikel, laporan ilmiah, dan sejenisnya

4.Kepustakawanan

Adalah hal-hal yang berkaitan dengan pustakawan: etika profesi dan penerapan ilmu, misalnya saja dalam pengadaan koleksi, pengolahan, pendayagunaan, dan penyebaran informasi pada pemakai

5. Koleksi Perpustakaan

Adalah semua bahan tercetak atau terekam seperti buku, majalah, pamflet, laporan, peta, mikrofos, hasil olahan data elektronik, film, foto, pita suara magnetik dan lain sebagainya.

6. Penyiangan (weeding) koleksi

Adalah proses pengeluaran buku dari koleksi perpustakaan karena dianggap sudah tak bermanfaat lagi

7. Katalogisasi

Adalah proses pembuatan kartu katalog yang mencantumkan data-data dari sebuah koleksi baik mengenai fisik atau isi koleksi

8.  DDC

Kependekan dari Dewey Decimal Classification. DDC adalah sistem klasifikasi persepuluhan universal yang disusun oleh British Standart Institution (BSI) dibawah pengawan International Federation for Documentation (FID).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *