Arti Penting Pendidikan Dalam Islam

Dalam ilmu pendidikan Islam, kata “pendidikan” lebih dikenal dengan “tarbiyah”.  Menurut Sayyid Abu Bakar bin Muhammad Syatha, tarbiyah adalah memberikan petunjuk (al Irsyad) kepada masyarakat untuk beribadah dan berakhlak yang luhur.

KH. Mochammad Djamaluddin Ahmad dalam “Pendidikan”, menyebut bahwa kata “al Irsyad tak hanya terbatas pada pengajaran dan memberi petunjuk, tapi lebih dari itu. Al Iryad mewajibkan pendidik untuk memberi pengertian, pengarahan, motivasi, serta teladan untuk beribadah secara baik pada Allah Swt dan berakhlak yang mulia.

Islam sangat memotivasi umatnya untuk bergiat dalam pendidikan. Untuk mencari dan menyebarkan ilmu.  Ada banyak ayat Al Qur’an dan hadist yang menjelaskan keutamaan para penuntut, pemilik dan pengamal ilmu.

Misalnya, dalam QS. Al Mujadalah ayat 11, Allah Swt berfirman

” Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Mengenai ayat ini, Shabat Ibnu Abbas berkata bahwa Alla Swt akan mengangkat derajat ulama pada hari kiamat diatas orang-orang mukmin lainnya, dengan jarak tujuh ratus derajat, dimana jarak antara dua derajat ditempuh perjalanan lima ratus tahun. Subhanallah.

Dalam sabdanya, Rasulullah Muhammad Saw juga berulang kali menegaskan keutamaan mencari dan mengamalkan ilmu. Rasulullah menyebut para ulama adalah pewaris para Nabi, orang berilmu dan berjihad sebagai golongan manusia yang palng dekat dari derajat keNabian,  orang-orang alim diberikan kemampuan oleh Allah Swt untuk memberikan pertolongan di hari kiamat, majelis ilmu adalah taman surga, dan masih banyak lagi.

Melihat banyaknya ayat Al Qur’an dan hadist tentang ilmu, pencari, pemilik dan pengamal ilmu, dapat kita simpulkan bahwa Pendidikan dalam Islam menempati ruang amat penting. Pendidikan yang baik adalah kunci utama bagi umat untuk meraih kebahagian dunia akhirat. Wallahu A’lam.

bahan bacaan : Pendidikan, KH. Moch. Djamaluddin Ahmad. Pustaka Al Muhibbin Jombang

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *